Selasa, 20 Februari 2018 | 22.17 WIB
KiniNEWS>Travel>Jelajah>Solo Traveling Ternyata Lebih Mengasyikan Loh!

Solo Traveling Ternyata Lebih Mengasyikan Loh!

Reporter : Fauzan | Sabtu, 11 Maret 2017 - 14:57 WIB

IMG-1144

Ilustrasi

kini.co.id – Pernah berpikiran untuk melakukan solo traveling atau berpergian sendiri? Mungkin bagi banyak orang, solo traveling merupakan hal yang sedikit sulit.

Kebanyakan dari mereka akan berpikir kalau berpergian sendiri tidak seru dan mengasyikan dan banyak ketakutan lainnya yang membuat Anda tidak ingin untuk plesiran seorang diri.

Namun sebenarnya, ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari solo traveling, loh. Berikut delapan hal yang membuat solo traveling lebih mengasyikan, seperti dikutip dari grivy.com, Sabtu (11/3/2017).

1. Lebih banyak teman baru

Para solo traveler lebih memiliki kemungkinan mendapat kenalan baru lebih banyak dibanding mereka yang pergi dalam kelompok. Orang yang sendirian lebih mudah untuk didekati dan proses percakapan cenderung lebih mudah.

2. Berinteraksi dengan lokal

Berpergian seorang diri mampu membuat Anda berinteraksi dengan penduduk lokal sampai ke level yang tidak bisa dilakukan oleh tipe pejalan lain. Penduduk lokal lebih terbuka dan penasaran dengan traveler yang terlihat mengeksplorasi sebuah tempat sendirian.

3. Lebih bebas

Para solo traveler bisa lebih bebas dalam menentukan akan kemana dan apa yang akan dilakukan tanpa harus berkompromi atau menyesuaikan diri dengan orang lain sebagaimana berpergian secara kelompok.

4. Eksplorasi yang lebih dalam

Ketika mengunjungi sebuah tempat, Anda dapat melakukan eksplorasi yang tak sekadar eksplorasi. Anda akan mencari tahu, melihat, mendengar, dan bahkan merasa lebih dibanding ketika bepergian dalam rombongan.

5. Merubah sudut pandang

Jika Anda berpergian sendiri, maka kemungkinan untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang sedang melakukan hal yang sama akan lebih besar.Anda akan menemukan betapa terapi orang asing sangat bermanfaat dan mampu mengubah sudut pandang begitu kamu kembali ke rumah.

6. Menyehatkan

Menghabiskan waktu sendirian itu ternyata sangat menyehatkan. Di waktu-waktu sendiri tersebut, Anda akan dipaksa melakukan refleksi mendalam atas apa yang sudah dilakukan, baik itu positif atau negatif, juga mengenal dan memahami kemauan sendiri lebih baik, bukan atas apa yang dikatakan oleh sekitar.

7. Merubah cara berfikir

Ya, jarak dapat membuat Anda semakin menghargai arti dari orang-orang penting dalam hidup Anda. Saat kembali ke rumah, Anda akan berusaha untuk menghabiskan waktu sebaik mungkin dengan mereka. Atau bahkan membuat matamu terbuka bahwa orang yang kamu anggap penting, ternyata bukan apa-apa.

8. Mengasah kreativitas

Saat berpergian seorang diri, Anda akan mencari-cari kegiatan yang dapat dilakukan sendirian namun tetap seru, sampai memikirkan cara untuk keluar dari masalah yang timbul tiba-tiba.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Angkat kearifan lokal, ‘Horas Samosir Fiesta 2018′ siap digelar
Destinasi - Jumat, 16 Februari 2018 - 20:44 WIB

Angkat kearifan lokal, ‘Horas Samosir Fiesta 2018′ siap digelar

Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 resmi diluncurkan, di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/2) malam. ...
BOP Borobudur didorong kembangkan pariwisata nomaden untuk pertemuan IMF
Destinasi - Sabtu, 10 Februari 2018 - 05:30 WIB

BOP Borobudur didorong kembangkan pariwisata nomaden untuk pertemuan IMF

Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur segera mengembangkan konsep pariwisata nomaden "nomadic tourism" sebagai percepatan dalam ...
Kempar pacu maskapai tingkatkan kunjungan wisman
Destinasi - Selasa, 6 Februari 2018 - 23:05 WIB

Kempar pacu maskapai tingkatkan kunjungan wisman

Kementrian Pariwisata (Kempar) memacu industri pariwisata salah satunya dengan menggenjot jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia dengan pesawat. Menteri Pariwisata, ...
Jogja Air Show akan meriahkan langit Parangtritis dan Depok
Destinasi - Kamis, 25 Januari 2018 - 14:34 WIB

Jogja Air Show akan meriahkan langit Parangtritis dan Depok

Bagi anda yang mau liburan dan belum tau mau kemana pada Februari nanti, yuk berkunjung ke Jogja Air Show (JAS) ...
Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?
Indonesia Ku - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:50 WIB

Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?

Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan salahsatu objek wisata anadalan Indonesia yang menarik kunjungan wisatawan mancanegara.Kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun ...
Lima tips atasi kantong  bolong saat musim liburan
Destinasi - Selasa, 26 Desember 2017 - 12:43 WIB

Lima tips atasi kantong bolong saat musim liburan

Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata. Ada baiknya Anda melakukan segala persiapan agar liburan Anda berjalan dengan lancar. ...