Minggu, 30 April 2017 | 15.50 WIB
KiniNEWS>Travel>Jelajah>Solo Traveling Ternyata Lebih Mengasyikan Loh!

Solo Traveling Ternyata Lebih Mengasyikan Loh!

Reporter : Fauzan | Sabtu, 11 Maret 2017 - 14:57 WIB

IMG-1144

Ilustrasi

kini.co.id – Pernah berpikiran untuk melakukan solo traveling atau berpergian sendiri? Mungkin bagi banyak orang, solo traveling merupakan hal yang sedikit sulit.

Kebanyakan dari mereka akan berpikir kalau berpergian sendiri tidak seru dan mengasyikan dan banyak ketakutan lainnya yang membuat Anda tidak ingin untuk plesiran seorang diri.

Namun sebenarnya, ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari solo traveling, loh. Berikut delapan hal yang membuat solo traveling lebih mengasyikan, seperti dikutip dari grivy.com, Sabtu (11/3/2017).

1. Lebih banyak teman baru

Para solo traveler lebih memiliki kemungkinan mendapat kenalan baru lebih banyak dibanding mereka yang pergi dalam kelompok. Orang yang sendirian lebih mudah untuk didekati dan proses percakapan cenderung lebih mudah.

2. Berinteraksi dengan lokal

Berpergian seorang diri mampu membuat Anda berinteraksi dengan penduduk lokal sampai ke level yang tidak bisa dilakukan oleh tipe pejalan lain. Penduduk lokal lebih terbuka dan penasaran dengan traveler yang terlihat mengeksplorasi sebuah tempat sendirian.

3. Lebih bebas

Para solo traveler bisa lebih bebas dalam menentukan akan kemana dan apa yang akan dilakukan tanpa harus berkompromi atau menyesuaikan diri dengan orang lain sebagaimana berpergian secara kelompok.

4. Eksplorasi yang lebih dalam

Ketika mengunjungi sebuah tempat, Anda dapat melakukan eksplorasi yang tak sekadar eksplorasi. Anda akan mencari tahu, melihat, mendengar, dan bahkan merasa lebih dibanding ketika bepergian dalam rombongan.

5. Merubah sudut pandang

Jika Anda berpergian sendiri, maka kemungkinan untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang yang sedang melakukan hal yang sama akan lebih besar.Anda akan menemukan betapa terapi orang asing sangat bermanfaat dan mampu mengubah sudut pandang begitu kamu kembali ke rumah.

6. Menyehatkan

Menghabiskan waktu sendirian itu ternyata sangat menyehatkan. Di waktu-waktu sendiri tersebut, Anda akan dipaksa melakukan refleksi mendalam atas apa yang sudah dilakukan, baik itu positif atau negatif, juga mengenal dan memahami kemauan sendiri lebih baik, bukan atas apa yang dikatakan oleh sekitar.

7. Merubah cara berfikir

Ya, jarak dapat membuat Anda semakin menghargai arti dari orang-orang penting dalam hidup Anda. Saat kembali ke rumah, Anda akan berusaha untuk menghabiskan waktu sebaik mungkin dengan mereka. Atau bahkan membuat matamu terbuka bahwa orang yang kamu anggap penting, ternyata bukan apa-apa.

8. Mengasah kreativitas

Saat berpergian seorang diri, Anda akan mencari-cari kegiatan yang dapat dilakukan sendirian namun tetap seru, sampai memikirkan cara untuk keluar dari masalah yang timbul tiba-tiba.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
5 Tips Agar Liburan Lebih Hemat
Jelajah - Sabtu, 1 April 2017 - 15:45 WIB

5 Tips Agar Liburan Lebih Hemat

Ketika ingin berlibur, terutama bersama keluarga, pasti ada saja yang Anda pikirkan. Yang paling utama adalah biaya yang harus dikeluarkan.Walaupun ...
Suka ke Pantai? Cek Manfaatnya Bagi Tubuh
Jelajah - Sabtu, 25 Maret 2017 - 14:58 WIB

Suka ke Pantai? Cek Manfaatnya Bagi Tubuh

Akhir pekan biasanya dimanfaatkan oleh sebagain besar orang untuk berlibur, entah bersama keluarga, teman atau pun orang-orang terkasih. Karena waktu ...
Donat Sehat Super Lembut Ada di Donita
Kuliner - Jumat, 24 Maret 2017 - 10:40 WIB

Donat Sehat Super Lembut Ada di Donita

Medan memang terkenal dengan beragam kulinernya. Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Medan juga semakin kreatif menciptakan produk ...
Ini Oleh-oleh Yang Selalu Dibeli Wisatawan Saat ke Korsel
Mancanegara - Sabtu, 4 Maret 2017 - 16:47 WIB

Ini Oleh-oleh Yang Selalu Dibeli Wisatawan Saat ke Korsel

Jika Anda berniat untuk jalan-jalan ke Korea Selatan (Korsel) dan berniat mencari oleh-oleh khas Negeri Gingseng ini, yuk coba cek ...
5 Museum Makanan Unik di Dunia
Mancanegara - Sabtu, 4 Maret 2017 - 12:46 WIB

5 Museum Makanan Unik di Dunia

Museum ternyata tidak hanya dijadikan sebagai penyimpanan barang-barang bersejarah. Zaman modern ini, semakin banyak saja museum unik yang dibangun untuk ...
Ingin Mendaki Merapi, Cek Jalur Barunya!
Jelajah - Kamis, 2 Maret 2017 - 13:49 WIB

Ingin Mendaki Merapi, Cek Jalur Barunya!

Gunung Merapi di Jawa Tengah memang menjadi destinasi favorit para pendaki. Banyak orang datang dari berbagai daerah di Indonesia.Saat ini, ...