Selasa, 20 Februari 2018 | 22.15 WIB
KiniNEWS>Travel>Jelajah>5 Tips Agar Liburan Lebih Hemat

5 Tips Agar Liburan Lebih Hemat

Reporter : Ary Syahputra | Sabtu, 1 April 2017 - 15:45 WIB

IMG-1154

kini.co.id – Ketika ingin berlibur, terutama bersama keluarga, pasti ada saja yang Anda pikirkan. Yang paling utama adalah biaya yang harus dikeluarkan.

Walaupun ada yang bilang liburan tak harus mahal, tetapi tetap saja budget menjadi hal pokok yang harus dipikirkan.

Sudah tahu tujuan wisata kali ini akan kemana? Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar liburan Anda lebih hemat, dikutip dari belfastlive.

1. Jangan bepergian saat musim liburan

Hal ini merupakan yang pertama kali harus Anda catat jika ingin liburan hemat. Usahakan untuk tidak berpergian saat musim liburan anak sekolah atau libur panjang lebaran dan akhir tahun.

Karena di dua waktu itu, sudah dipastikan harga tiket pesawat maupun penginapan naik drastis. Ada baiknya sebelum berpergian Anda melakukan sedikit riset untuk membandingkan tanggal dan penginapan dari situs web wisata, kemudian pemeriksa harga penerbangan maupun hotel yang Anda inginkan.

2. Lakukan perbandingan terhadap 4 sampai 5 situs web wisata

Saat melakukan riset, baiknya cari perbandingan antara 4 sampai 5 situs agar Anda dapat mengetahui gambaran dari harga yang bisa disesuaikan dengan dana yang akan Anda disiapkan.

Sedikit tips, terkadang justru pemesanan di jam-jam terakhir biasanya lebih murah,ketika harga berubah jauh lebih rendah, segera lakukan pemesanan. Akan tetapi Anda memang harus rajin dan sering lakukan pengecekan harga sebelum bepergian.

3. Pertimbangkan menyewa Apartemen atau villa jika liburan bersama rombongan atau keluarga besar

Sebelum memesan akomodasi penginapan, jika bepergian bersama rombongan teman atau dengan keluarga besar, sebaiknya pertimbangkan untuk lebih memilih apartemen atau villa daripada beberapa kamar hotel.

Cara ini dijamin lebih hemat karena hanya dengan membayar untuk satu ruangan namun bisa dihuni oleh banyak orang, sedangkan memesan hotel harus butuh beberapa kamar, dan pastinya uang yang dikeluarkan juga lebih banyak.

4. Bawa barang seperlunya

Saat bepergian menggunakan pesawat, usahakan tidak membawa terlalu banyak tas dan barang. Hal ini untuk menghindari membayar biaya kelebihan bagasi. Kebanyakan orang saat berlibur terbiasa membawa banyak barang, sehingga saat check in dan bagasi kelebihan, harus membayar biaya lagi yang tidak sedikit.

5. Selalu bawa keperluan pribadi

Beberapa penginapan atau hotel memang menyediakan kelengkapan pribadi seperti sabun, sampo atau sikat gigi. Tapi terkadang ada juga yang tidak menyediakan, atau tersedia namun tidak cocok dengan Anda.

Sebaiknya selalu bawa kelengkapan pribadi yang biasa digunakan. Karena di tempat wisata biasanya harga-harga bisa lebih mahal daripada tempat biasa.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Angkat kearifan lokal, ‘Horas Samosir Fiesta 2018′ siap digelar
Destinasi - Jumat, 16 Februari 2018 - 20:44 WIB

Angkat kearifan lokal, ‘Horas Samosir Fiesta 2018′ siap digelar

Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 resmi diluncurkan, di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/2) malam. ...
BOP Borobudur didorong kembangkan pariwisata nomaden untuk pertemuan IMF
Destinasi - Sabtu, 10 Februari 2018 - 05:30 WIB

BOP Borobudur didorong kembangkan pariwisata nomaden untuk pertemuan IMF

Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur segera mengembangkan konsep pariwisata nomaden "nomadic tourism" sebagai percepatan dalam ...
Kempar pacu maskapai tingkatkan kunjungan wisman
Destinasi - Selasa, 6 Februari 2018 - 23:05 WIB

Kempar pacu maskapai tingkatkan kunjungan wisman

Kementrian Pariwisata (Kempar) memacu industri pariwisata salah satunya dengan menggenjot jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia dengan pesawat. Menteri Pariwisata, ...
Jogja Air Show akan meriahkan langit Parangtritis dan Depok
Destinasi - Kamis, 25 Januari 2018 - 14:34 WIB

Jogja Air Show akan meriahkan langit Parangtritis dan Depok

Bagi anda yang mau liburan dan belum tau mau kemana pada Februari nanti, yuk berkunjung ke Jogja Air Show (JAS) ...
Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?
Indonesia Ku - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:50 WIB

Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?

Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan salahsatu objek wisata anadalan Indonesia yang menarik kunjungan wisatawan mancanegara.Kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun ...
Lima tips atasi kantong  bolong saat musim liburan
Destinasi - Selasa, 26 Desember 2017 - 12:43 WIB

Lima tips atasi kantong bolong saat musim liburan

Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata. Ada baiknya Anda melakukan segala persiapan agar liburan Anda berjalan dengan lancar. ...