Selasa, 17 Oktober 2017 | 04.49 WIB
KiniNEWS>Travel>Jelajah>5 Tips Agar Liburan Lebih Hemat

5 Tips Agar Liburan Lebih Hemat

Reporter : Ary Syahputra | Sabtu, 1 April 2017 - 15:45 WIB

IMG-1154

kini.co.id – Ketika ingin berlibur, terutama bersama keluarga, pasti ada saja yang Anda pikirkan. Yang paling utama adalah biaya yang harus dikeluarkan.

Walaupun ada yang bilang liburan tak harus mahal, tetapi tetap saja budget menjadi hal pokok yang harus dipikirkan.

Sudah tahu tujuan wisata kali ini akan kemana? Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar liburan Anda lebih hemat, dikutip dari belfastlive.

1. Jangan bepergian saat musim liburan

Hal ini merupakan yang pertama kali harus Anda catat jika ingin liburan hemat. Usahakan untuk tidak berpergian saat musim liburan anak sekolah atau libur panjang lebaran dan akhir tahun.

Karena di dua waktu itu, sudah dipastikan harga tiket pesawat maupun penginapan naik drastis. Ada baiknya sebelum berpergian Anda melakukan sedikit riset untuk membandingkan tanggal dan penginapan dari situs web wisata, kemudian pemeriksa harga penerbangan maupun hotel yang Anda inginkan.

2. Lakukan perbandingan terhadap 4 sampai 5 situs web wisata

Saat melakukan riset, baiknya cari perbandingan antara 4 sampai 5 situs agar Anda dapat mengetahui gambaran dari harga yang bisa disesuaikan dengan dana yang akan Anda disiapkan.

Sedikit tips, terkadang justru pemesanan di jam-jam terakhir biasanya lebih murah,ketika harga berubah jauh lebih rendah, segera lakukan pemesanan. Akan tetapi Anda memang harus rajin dan sering lakukan pengecekan harga sebelum bepergian.

3. Pertimbangkan menyewa Apartemen atau villa jika liburan bersama rombongan atau keluarga besar

Sebelum memesan akomodasi penginapan, jika bepergian bersama rombongan teman atau dengan keluarga besar, sebaiknya pertimbangkan untuk lebih memilih apartemen atau villa daripada beberapa kamar hotel.

Cara ini dijamin lebih hemat karena hanya dengan membayar untuk satu ruangan namun bisa dihuni oleh banyak orang, sedangkan memesan hotel harus butuh beberapa kamar, dan pastinya uang yang dikeluarkan juga lebih banyak.

4. Bawa barang seperlunya

Saat bepergian menggunakan pesawat, usahakan tidak membawa terlalu banyak tas dan barang. Hal ini untuk menghindari membayar biaya kelebihan bagasi. Kebanyakan orang saat berlibur terbiasa membawa banyak barang, sehingga saat check in dan bagasi kelebihan, harus membayar biaya lagi yang tidak sedikit.

5. Selalu bawa keperluan pribadi

Beberapa penginapan atau hotel memang menyediakan kelengkapan pribadi seperti sabun, sampo atau sikat gigi. Tapi terkadang ada juga yang tidak menyediakan, atau tersedia namun tidak cocok dengan Anda.

Sebaiknya selalu bawa kelengkapan pribadi yang biasa digunakan. Karena di tempat wisata biasanya harga-harga bisa lebih mahal daripada tempat biasa.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Gang buntu Kawi Raya disulap jadi pusat kuliner
Kuliner - Sabtu, 7 Oktober 2017 - 19:17 WIB

Gang buntu Kawi Raya disulap jadi pusat kuliner

Bagi anda yang bekerja di sekitar Kuningan Madya atau penguni apartemen Rasuna Sahid, Jakarta Selatan tak perlu lagi jauh mencari ...
Agustus 2017 kunjungan wisman naik 1,79 persen
Destinasi - Senin, 2 Oktober 2017 - 23:06 WIB

Agustus 2017 kunjungan wisman naik 1,79 persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2017 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mengalami kenaikan sebesar 1,79 persen dari sebelumnya ...
100 acara pariwisata unggulan di tahun 2018
Indonesia Ku - Minggu, 1 Oktober 2017 - 19:53 WIB

100 acara pariwisata unggulan di tahun 2018

Kementerian Pariwisata akan memilih 100 Wonders Events yang tersebar di seluruh Indonesia mewakili keunikan budaya dan diselenggarakan sepanjang tahun. Perhelatan ...
Kemenpar kembali gelar Rakornas Pariwisata ke tiga
Destinasi - Senin, 25 September 2017 - 12:32 WIB

Kemenpar kembali gelar Rakornas Pariwisata ke tiga

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang ketiga. Seperti Rakornas-rakornas sebelumnya acara yang diperkirakan akan menghasilkan ...
BNI tawarkan 12 promo menarik di GAFT 2017
Destinasi - Jumat, 22 September 2017 - 15:10 WIB

BNI tawarkan 12 promo menarik di GAFT 2017

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dalam Garuda Indonesia Trafel Fair (GATF) 2017 phase II di Plenary Hall JCC ...
Target transaksi BNI di GAFT 2017 Rp280 miliar
Destinasi - Jumat, 22 September 2017 - 12:19 WIB

Target transaksi BNI di GAFT 2017 Rp280 miliar

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menargetkan volume transaksi yang cukup besar pada acara Garuda Travel Fair (GATF) 2017. Pada ...