Selasa, 12 Desember 2017 | 19.19 WIB
KiniNEWS>Travel>Jelajah>Berani Taklukan Arus Liar Sungai Citarik ?

Berani Taklukan Arus Liar Sungai Citarik ?

Minggu, 21 Mei 2017 - 03:16 WIB

IMG-1158

Arung jeram di Citarik, Sukabumi (kininews/rakisa)

Sukabumi, kini.co.id – Bagi yang menyukai liburan menantang bersama keluarga, atau teman-teman tak salah mencoba menaklukan derasnya arus di Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat.

Anggap saja sebagai uji adrenalin setelah menjalani rutinitas sehari-hari, apalagi ditengah aktivitas hiruk pikuk Ibukota Jakarta.

Sungai Citarik terletak di Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Sukabumi yang berjarak sekitar 75 km dari kota Bogor, atau sekitar sekitar 3-4 jam dari Jakarta perjalanan darat, kalau engga macet di Ciawi atau pas memasuki Sukabumi.

Tak sulit aksesnya, jalan hampir semuanya beraspal, meski berkelok-kelok tajam melewati hamparan perkebunan kelapa sawit.

Ada sekitar 6 perusahaan pengelola arung jerang di Citarik mulai dari Arus Liar, Caldera, Bravo, Kaki Langit, Trans dan Selaras

Karena penulis bersama rombongan temen-temen media Ibukota Jakarta dan KPUD DKI Jakarta dengan tema ‘Pers Gathering’ kebetulan panitia dari pihak KPUD DKI menggunakan operator Arus Liar.

Maka sedikit akan dikupas bagaimana menaklukan sungai Citarik bersama Arus Liar. Secara umum fasilitas cukup mendukung mulai dari penginapan rumah, makan hingga tempat penjualan souvenir.

Dengan model cottage satu rumah ‘Arus Liar’ biasanya menampung tiga- empat orang, ada sekitar 10 rumah dibagian depan dipisahkan jembatan gantung ada sekitar 15 rumah lagi untuk bermalam.

Soal harga per malam atau per paket dengan rafting, cukup saya kira dengan kocek [silahkan hubungi pengelola] saja .

Untuk yang suka ‘jajan’ sembarangan disini tak ada lho, maksudnya bukan jajan sembarang negatif, jajan seperti kue, gorengan, mie ayam dan lain-lain tidak ada.

Hanya ada di area parkir pengelola Arus Liar yang dekat dengan penduduk tapi jika sudah memasuki lokasi bermalam arus liar, siap-siap saja jika pengen jajan anda harus kuat berjalan naik turun tangga.

Atau jika tidak istirahat saja untuk persiapan besoknya menaklukan sungai Citarik dengan jarak 9 kilometer atau sekitar 2 jam jarak tempuh. Agar lebih nyaman melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Citarik, berikut saran penulis, yakni bawa pakaian yang cukup untuk salin setelah basah-basahan menaklukan sungai.

Jangan lupa bawa jaket dan pakaian hangat, sebab suhu udara di sana cukup dingin kecuali yang biasa suka cuaca dingin tidak pakai jaket pun tidak apa.

Dan tidak lupa bawa sandal gunung, atau bisa membeli di lokasi dengan harga yang cukup dan sesuai dengan kualitas.

Saran lainnya pilih guide yang sesuai dengan jiwa tantangan anda atau jika tidak bisa memilih kebetulan dapat yang lebih menantang sangat pas untuk berani menguji anderanlin derasnya aliran sungai Citarik.

Nah penasaran khan bagaimana liburan menaklukan sungai Citarik, jangan cuman berani naklukin lawan jenis saja hehe***

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Apresiasi kepada media, Kemenpar berikan penghargaan APWI 2017
Indonesia Ku - Selasa, 12 Desember 2017 - 01:23 WIB

Apresiasi kepada media, Kemenpar berikan penghargaan APWI 2017

Kementerian Pariwisata memberikan penghargaan kepada insan media yang telah bekerja sama menyebarkan informasi pariwisata dalam acara Anugerah Pewarta Wisata Indonesia ...
Bali rumah kedua wisman Australia
Destinasi - Senin, 11 Desember 2017 - 10:20 WIB

Bali rumah kedua wisman Australia

Pulau Dewata, Bali masih menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia bahkan banyak di antara mereka yang sudah menganggap ...
Festival durian Sinapeul diharapkan jadi magnet wisatawan
Destinasi - Sabtu, 9 Desember 2017 - 15:37 WIB

Festival durian Sinapeul diharapkan jadi magnet wisatawan

Festival durian Sindangwangi 2017 yang digelar di Pasar Ikan Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu ...
Makanan Indonesia Yang Dianggap Orang Bule Ekstrem
Kuliner - Jumat, 8 Desember 2017 - 14:58 WIB

Makanan Indonesia Yang Dianggap Orang Bule Ekstrem

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan kuliner. Itu udah bukan rahasia lagi bagi penduduk dunia.Nah, di antara berbagai ...
Akhir pekan ini, wayang ajen kembali meriahkan Kabupaten Kuningan
Destinasi - Rabu, 6 Desember 2017 - 14:59 WIB

Akhir pekan ini, wayang ajen kembali meriahkan Kabupaten Kuningan

Setelah sukses menggelar Tour de Linggarjati 2017, Kabupaten Kuningan akan menggelar Wayang Ajen pada akhir pekan, Sabtu (9/12) ini. ...
Wapres JK yakin kunjungan wisatawan domestik dan wisman dongkrok ekonomi
Destinasi - Minggu, 3 Desember 2017 - 08:26 WIB

Wapres JK yakin kunjungan wisatawan domestik dan wisman dongkrok ekonomi

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara saat ini dinilai mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Menurutnya ...