Jumat, 18 Agustus 2017 | 04.08 WIB
KiniNEWS>Travel>Jelajah>Berani Taklukan Arus Liar Sungai Citarik ?

Berani Taklukan Arus Liar Sungai Citarik ?

Minggu, 21 Mei 2017 - 03:16 WIB

IMG-1158

Arung jeram di Citarik, Sukabumi (kininews/rakisa)

Sukabumi, kini.co.id – Bagi yang menyukai liburan menantang bersama keluarga, atau teman-teman tak salah mencoba menaklukan derasnya arus di Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat.

Anggap saja sebagai uji adrenalin setelah menjalani rutinitas sehari-hari, apalagi ditengah aktivitas hiruk pikuk Ibukota Jakarta.

Sungai Citarik terletak di Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Sukabumi yang berjarak sekitar 75 km dari kota Bogor, atau sekitar sekitar 3-4 jam dari Jakarta perjalanan darat, kalau engga macet di Ciawi atau pas memasuki Sukabumi.

Tak sulit aksesnya, jalan hampir semuanya beraspal, meski berkelok-kelok tajam melewati hamparan perkebunan kelapa sawit.

Ada sekitar 6 perusahaan pengelola arung jerang di Citarik mulai dari Arus Liar, Caldera, Bravo, Kaki Langit, Trans dan Selaras

Karena penulis bersama rombongan temen-temen media Ibukota Jakarta dan KPUD DKI Jakarta dengan tema ‘Pers Gathering’ kebetulan panitia dari pihak KPUD DKI menggunakan operator Arus Liar.

Maka sedikit akan dikupas bagaimana menaklukan sungai Citarik bersama Arus Liar. Secara umum fasilitas cukup mendukung mulai dari penginapan rumah, makan hingga tempat penjualan souvenir.

Dengan model cottage satu rumah ‘Arus Liar’ biasanya menampung tiga- empat orang, ada sekitar 10 rumah dibagian depan dipisahkan jembatan gantung ada sekitar 15 rumah lagi untuk bermalam.

Soal harga per malam atau per paket dengan rafting, cukup saya kira dengan kocek [silahkan hubungi pengelola] saja .

Untuk yang suka ‘jajan’ sembarangan disini tak ada lho, maksudnya bukan jajan sembarang negatif, jajan seperti kue, gorengan, mie ayam dan lain-lain tidak ada.

Hanya ada di area parkir pengelola Arus Liar yang dekat dengan penduduk tapi jika sudah memasuki lokasi bermalam arus liar, siap-siap saja jika pengen jajan anda harus kuat berjalan naik turun tangga.

Atau jika tidak istirahat saja untuk persiapan besoknya menaklukan sungai Citarik dengan jarak 9 kilometer atau sekitar 2 jam jarak tempuh. Agar lebih nyaman melakukan kegiatan arung jeram di Sungai Citarik, berikut saran penulis, yakni bawa pakaian yang cukup untuk salin setelah basah-basahan menaklukan sungai.

Jangan lupa bawa jaket dan pakaian hangat, sebab suhu udara di sana cukup dingin kecuali yang biasa suka cuaca dingin tidak pakai jaket pun tidak apa.

Dan tidak lupa bawa sandal gunung, atau bisa membeli di lokasi dengan harga yang cukup dan sesuai dengan kualitas.

Saran lainnya pilih guide yang sesuai dengan jiwa tantangan anda atau jika tidak bisa memilih kebetulan dapat yang lebih menantang sangat pas untuk berani menguji anderanlin derasnya aliran sungai Citarik.

Nah penasaran khan bagaimana liburan menaklukan sungai Citarik, jangan cuman berani naklukin lawan jenis saja hehe***

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Bulan Madu Di Pulau Maldives
Jelajah - Kamis, 10 Agustus 2017 - 11:17 WIB

Bulan Madu Di Pulau Maldives

sepasang suami istri yang telah menyelesaikan acara resepsi pernikahan, biasanya pergi berjalan-jalan seperti yang biasa kita dengar yaitu Bulan Madu. ...
Jetstar Buka Penerbangan Singapura- Okinawa
Destinasi - Senin, 7 Agustus 2017 - 18:49 WIB

Jetstar Buka Penerbangan Singapura- Okinawa

Jetstar Asia menghadirkan penerbangan langsung berbiaya rendah dari Singapura ke Okinawa, pulau sub-tropis di bagian Selatan Jepang yang akan dimulai ...
Malam Ini Langit Dieng Akan Dihiasi Ribuan Lampion
Destinasi - Sabtu, 5 Agustus 2017 - 13:24 WIB

Malam Ini Langit Dieng Akan Dihiasi Ribuan Lampion

Gelaran Dieng Culture Festival (DFC) 2017 yang berlangsung 4-6 Agustus 2017 akan diwarnai dengan penerbangan lampion diatas langit Dieng pada ...
Tugu Monas dan Bunderan HI Dihiasi Warna Lampu ASEAN
Indonesia Ku - Sabtu, 5 Agustus 2017 - 12:06 WIB

Tugu Monas dan Bunderan HI Dihiasi Warna Lampu ASEAN

Menyambut hari jadi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yang ke-50 bulan ini, yakni pada 8 Agustus 2017. Jakarta yang ...
Lewat Media Sosial Khofifah Ikut Promosikan Pariwisata Tanah Air
Destinasi - Kamis, 3 Agustus 2017 - 22:42 WIB

Lewat Media Sosial Khofifah Ikut Promosikan Pariwisata Tanah Air

Ketakjuban Mentri Sosial, Khofifah Indar Parawansa terhadap keindahan panorama wisata Belitung membuatnya menikmati destinasi tersebut. Khofifah juga turut berbagi keasyikan ...
Dondang, Tradisi Pernikahan Khas Betawi Makin Tersisih
Indonesia Ku - Minggu, 30 Juli 2017 - 21:40 WIB

Dondang, Tradisi Pernikahan Khas Betawi Makin Tersisih

Sejumlah budaya Betawi mulai tergerus kemajuan zaman, sebut saja tradisi palang pintu, adu beduk, ujungan, shobibul hikayat, termasuk dondang. Kata ...