Selasa, 20 Februari 2018 | 22.14 WIB
KiniNEWS>Travel>Destinasi>Akhir pekan ini, wayang ajen kembali meriahkan Kabupaten Kuningan

Akhir pekan ini, wayang ajen kembali meriahkan Kabupaten Kuningan

Reporter : Rahmat Kurniawan | Rabu, 6 Desember 2017 - 14:59 WIB

IMG-1288

Pertunjukan Wayang Ajen. Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Setelah sukses menggelar Tour de Linggarjati 2017, Kabupaten Kuningan akan menggelar Wayang Ajen pada akhir pekan, Sabtu (9/12) ini.

Wayang Ajen ini kembali akan meramaikan Alun-Alun Pandapa Paramarta, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang dimulai pada pukul 20:00 WIB.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuti mengatakan pihaknya ingin membuat Kuningan terus berkibar dengan destinasi-destinasi wisatanya kian dikenal. Sehingga wisatawan pun akan semakin banyak yang berkunjung.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Kuningan. Termasuk suguhan wayang kekinian “Wayang Ajen” yang dapat mengangkat potensi destinasi sangat luar biasa dan memiliki keunikan di Kabupaten Kuningan.

“Banyak destinasi wisata di Kabupaten Kuningan. Ini yang harus kemudian kita tata, gali dan maksimalkan dengan promosi. Salah satunya melalui seni pertunjukan yang akan meningkatkan promosi wisata Kabupaten Kuningan,” ujar Esthy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (5/12).

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, kehadiran pagelaran Wayang Ajen selain sebagai tontonan dan hiburan, sekaligus sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan.

Pariwisata sendiri ujar Acep telah ditetapkan sebagai salah satu sektor unggulan. Tak ayal ke depannya akan banyak lagi event-event yang dapat mengangkat pariwisata Kabupaten Kuningan.

“Kami memiliki 14 objek wisata yang sudah tertata dan puluhan lainnya yang mempunyai potensi pengembangan, delapan event budaya tahunan, empat situs sejarah dan didukung oleh sarana akomodasi 37 hotel dan penginapan,” kata Acep Purnama.

Acep juga mengatakan, akses ke Kuningan saat ini sangat mudah setelah dibukanyanya Tol Cikapali (Jakarta-Kuningan hanya 3,5 jam). Ada juga Tol Cisumdawu dan segera dibuka Bandara Internasional Kertajati yang akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

“Diharapkan dengan suguhan acara ini, seni dan budaya khas Kabupaten Kuningan juga akan ikut terangkat,” ujar Acep Purnama.

Urusan pariwisata, Kabupaten Kuningan memang memiliki banyak potensi. Mulai dari wisata sejarah seperti Gedung Pertemuan Linggarjati hingga wisata alam seperti Taman Nasional Gunung Ciremai dan deretan air terjun cantik.

Kabupaten Kuningan juga dikenal dengan kelezatan kuliner khasnya seperti tapai ketan, jeniper dan lainnya. Kuningan juga dikenal dengan barang-barang kerajinan yang sangat indah.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Angkat kearifan lokal, ‘Horas Samosir Fiesta 2018′ siap digelar
Destinasi - Jumat, 16 Februari 2018 - 20:44 WIB

Angkat kearifan lokal, ‘Horas Samosir Fiesta 2018′ siap digelar

Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 resmi diluncurkan, di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/2) malam. ...
BOP Borobudur didorong kembangkan pariwisata nomaden untuk pertemuan IMF
Destinasi - Sabtu, 10 Februari 2018 - 05:30 WIB

BOP Borobudur didorong kembangkan pariwisata nomaden untuk pertemuan IMF

Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur segera mengembangkan konsep pariwisata nomaden "nomadic tourism" sebagai percepatan dalam ...
Kempar pacu maskapai tingkatkan kunjungan wisman
Destinasi - Selasa, 6 Februari 2018 - 23:05 WIB

Kempar pacu maskapai tingkatkan kunjungan wisman

Kementrian Pariwisata (Kempar) memacu industri pariwisata salah satunya dengan menggenjot jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia dengan pesawat. Menteri Pariwisata, ...
Jogja Air Show akan meriahkan langit Parangtritis dan Depok
Destinasi - Kamis, 25 Januari 2018 - 14:34 WIB

Jogja Air Show akan meriahkan langit Parangtritis dan Depok

Bagi anda yang mau liburan dan belum tau mau kemana pada Februari nanti, yuk berkunjung ke Jogja Air Show (JAS) ...
Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?
Indonesia Ku - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:50 WIB

Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?

Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan salahsatu objek wisata anadalan Indonesia yang menarik kunjungan wisatawan mancanegara.Kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun ...
Lima tips atasi kantong  bolong saat musim liburan
Destinasi - Selasa, 26 Desember 2017 - 12:43 WIB

Lima tips atasi kantong bolong saat musim liburan

Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata. Ada baiknya Anda melakukan segala persiapan agar liburan Anda berjalan dengan lancar. ...