Minggu, 16 Desember 2018 | 03.37 WIB
KiniNEWS>Travel>Destinasi>Akhir pekan ini, wayang ajen kembali meriahkan Kabupaten Kuningan

Akhir pekan ini, wayang ajen kembali meriahkan Kabupaten Kuningan

Reporter : Rahmat Kurniawan | Rabu, 6 Desember 2017 - 14:59 WIB

IMG-1288

Pertunjukan Wayang Ajen. Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Setelah sukses menggelar Tour de Linggarjati 2017, Kabupaten Kuningan akan menggelar Wayang Ajen pada akhir pekan, Sabtu (9/12) ini.

Wayang Ajen ini kembali akan meramaikan Alun-Alun Pandapa Paramarta, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang dimulai pada pukul 20:00 WIB.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuti mengatakan pihaknya ingin membuat Kuningan terus berkibar dengan destinasi-destinasi wisatanya kian dikenal. Sehingga wisatawan pun akan semakin banyak yang berkunjung.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Kuningan. Termasuk suguhan wayang kekinian “Wayang Ajen” yang dapat mengangkat potensi destinasi sangat luar biasa dan memiliki keunikan di Kabupaten Kuningan.

“Banyak destinasi wisata di Kabupaten Kuningan. Ini yang harus kemudian kita tata, gali dan maksimalkan dengan promosi. Salah satunya melalui seni pertunjukan yang akan meningkatkan promosi wisata Kabupaten Kuningan,” ujar Esthy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (5/12).

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, kehadiran pagelaran Wayang Ajen selain sebagai tontonan dan hiburan, sekaligus sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan.

Pariwisata sendiri ujar Acep telah ditetapkan sebagai salah satu sektor unggulan. Tak ayal ke depannya akan banyak lagi event-event yang dapat mengangkat pariwisata Kabupaten Kuningan.

“Kami memiliki 14 objek wisata yang sudah tertata dan puluhan lainnya yang mempunyai potensi pengembangan, delapan event budaya tahunan, empat situs sejarah dan didukung oleh sarana akomodasi 37 hotel dan penginapan,” kata Acep Purnama.

Acep juga mengatakan, akses ke Kuningan saat ini sangat mudah setelah dibukanyanya Tol Cikapali (Jakarta-Kuningan hanya 3,5 jam). Ada juga Tol Cisumdawu dan segera dibuka Bandara Internasional Kertajati yang akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

“Diharapkan dengan suguhan acara ini, seni dan budaya khas Kabupaten Kuningan juga akan ikut terangkat,” ujar Acep Purnama.

Urusan pariwisata, Kabupaten Kuningan memang memiliki banyak potensi. Mulai dari wisata sejarah seperti Gedung Pertemuan Linggarjati hingga wisata alam seperti Taman Nasional Gunung Ciremai dan deretan air terjun cantik.

Kabupaten Kuningan juga dikenal dengan kelezatan kuliner khasnya seperti tapai ketan, jeniper dan lainnya. Kuningan juga dikenal dengan barang-barang kerajinan yang sangat indah.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Indonesia Ku - Selasa, 4 Desember 2018 - 16:21 WIB

Terungkap, Ini Fungsi Sebenarnya Bola Batu yang Ada di Pinggir Jalan Kota Bandung

Jika jalan-jalan ke Kota Bandung terutama di Jalan Asia Afrika, Anda akan menemui bola-bola batu besar di pinggir jalan.Selain menambah ...
Indonesia Ku - Sabtu, 17 November 2018 - 20:37 WIB

Rakor Geopark Indonesia digelar di dalam goa

RAPAT Koordinasi pengelola Geopark di Indonesia, diselenggarakan di dalam Goa Rancang Kencana, di Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Dalam pertemuan ...
Indonesia Ku - Kamis, 15 November 2018 - 15:18 WIB

Bandara Soekarno-Hatta masuk daftar megahub terbaik di dunia

OAG merilis laporan soal OAG Megahubs International Index 2018. Dalam laporannya itu, 50 megahubs internasional di seluruh dunia diurutkan dari ...
Jelajah - Rabu, 14 November 2018 - 16:02 WIB

Siapkan akomodasi sebelum menjalani ‘long weekend’ dan ‘Harpitnas’

APAKAH anda telah memiliki rencana untuk pelesiran ke berbagai daerah di Indonesia, atau bahkan ke luar negeri pada tahun depan? ...
Mancanegara - Sabtu, 3 November 2018 - 10:16 WIB

90 Ribu Orang Jepang Bersemangat Pindah ke Korut, Ternyata Kini Mereka Merasa di Neraka

Kehidupan di negara lain mungkin hampir selalu terlihat manis di mata kita. Bagaimana warga negara lain bisa hidup dengan rumah ...
Mancanegara - Kamis, 25 Oktober 2018 - 09:27 WIB

Berbagi Istri Hingga Mandi Darah, Ini Tradisi-tradisi Aneh di Dunia

Setiap keyakinan dan budaya memiliki tradisi aneh atau ritual. Namun tampaknya keyakinan tersebut hanya bisa diterima oleh mereka yang benar-benar ...