Kamis, 21 Februari 2019 | 19.43 WIB
KiniNEWS>Travel>Destinasi>Festival durian Sinapeul diharapkan jadi magnet wisatawan

Festival durian Sinapeul diharapkan jadi magnet wisatawan

Sabtu, 9 Desember 2017 - 15:37 WIB

IMG-1292

Pengunjung memadati Festival Durian Sindangwangi 2017 di Pasar Ikan Lengkong Kulon, Sindang Wangi, Majalengka, Sabtu (9/12). KiniNews/Trias Agustian.

Majalengka , kini.co.id – Festival durian Sindangwangi 2017 yang digelar di Pasar Ikan Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (9/12) resmi dibuka.

Dengan menyuguhkan durian varietas jenis durian unggul perwira ini diharapkan menjadi magnet para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menjajal destinasi wisata yang ada di Majalengka.

Camat Sindangwangi Ono Haryono, mengatakan dengan adanya festival durian ini diharapkan dapat lebih menggairahkan destinasi pariwisata, khususnya di Kecamatan Sindangwangi.

“Destinasi wisata di Kecamatan Sindangwangi sangat beragam dan siapa pun bakal terpesona untuk menikmatinya,” kata Ono saat dihubungi Sabtu (9/12).

Menurut Ono, selain menghadiri Festival Duren, pengunjung juga bisa menjajal sejumalh objek wisata yang ada di Sindangwangi, seperti Talaga Herang di Desa Jeruk Leueut, Talaga Pancar di Desa Lengkong Kulon, Situ Cikuda dan Talaga Biru di Desa Padaherang, serta Curug Cipeuteuy di Desa Bantaragung.

“Selain destinasi wisata tersebut, pengunjung juga bisa melihat langsung kerajinan tangan dari rotan yang tersebar di Desa Lengkong Wetan, Desa Leuwilaja, dan Desa Ujung Berung,” ujarnya.

Ono yakin ke depan Sindangwangi bisa jadi magnet para wisatawan domestik maupun mancanegara dengan sejumlah destinasi menarik yang ada.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik rencana penyelenggaraan Festival Durian Sinapeul 2017.

Menurutnya festival ini dikatakannya akan memperkaya Kabupaten Majalengka, dan Jawa Barat pada umumnya sebagai destinasi yang komplit.

Seperti diketahui, Jawa Barat selama ini dikenal dengan ragam potensinya di sektor budaya. Jawa Barat juga menarik dengan keindahan alamnya.

“Jawa Barat juga dikenal dengan agro wisata, khususnya durian,” ujar Menpar Arief Yahya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan acara ini diharapkan popularitas durian Sinampeul bakal makin dikenal. Ia mengatakan, kuliner bisa menjadi salah satu bentuk diplomasi budaya dan juga pariwisata ke dunia luar.

Ia mencontohkan bagaimana durian montong asal Thailand yang begitu dikenal. Banyak wisatawan pun yang kemudian memburunya.

“Setiap daerah harus dapat mengangkat potensi lokal yang dimiliki. Melalui festival ini, Kabupaten Majalengka telah memperkenalkan lagi salah satu potensinya,” ujar Arief.

Menurut rencana Arief akan berkunjung sekaligus membuka festival durian Sinapeul, Ahad (10/12) besok.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Destinasi - Selasa, 29 Januari 2019 - 18:31 WIB

Ekonomi Batam lesu, ritel beken menutup gerai

BATAM kini tidak lagi menjanjikan bagi sebagian ritel berjaringan tingkat nasional. Akibatnya, sejumlah ritel beken memilih menghentikan operasinya.Penutupan ritel nasional ...
Tak Berkategori - Senin, 21 Januari 2019 - 12:40 WIB

Pemerintah persilahkan KPPU selidiki dugaan kartel pada tiket pesawat

MAHALNYA harga tiket pesawat menjadi keluhan pengguna angkutan udara sejak pertengahan 2018, sehingga banyak kalangan menduga terjadi kartel dalam penjualan ...
Mancanegara - Selasa, 15 Januari 2019 - 23:10 WIB

Ada kota di Cina yang tak boleh sembarangan dikunjungi

KOTA Taian di Provinsi Shandong jadi tempat penting bagi masyarakat China. Di zaman dulu, tak sembarang orang bisa datang!Tai Mountain ...
Jelajah - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:27 WIB

Garuda Indonesia tampilkan musik akustik di pesawat

MASKAPAI nasional Garuda Indonesia kembali menghadirkan terobosan baru dalam memberikan pengalaman penerbangan yang berbeda kepada pengguna jasa melalui hadirnya hiburan ...
Indonesia Ku - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:17 WIB

Indonesia negara paling aman ke-9 di dunia

INDONESIA ditetapkan sebagai salah satu negara paling aman di dunia atau berada di urutan kesembilan menurut laporan Gallup’s Law and ...
Jelajah - Rabu, 2 Januari 2019 - 23:40 WIB

Satpol PP Batam harus bertanggungjawab atas praktik pungli di Jembatan Barelang

KOMUNITAS pecinta wisata Barelang mengeluh pungutan liar (Pungli) di Jembatan Balerang yang kian lama kian meresahkan pengunjung. Mereka meminta Satuan ...