Minggu, 16 Desember 2018 | 04.44 WIB
KiniNEWS>Travel>Destinasi>Festival durian Sinapeul diharapkan jadi magnet wisatawan

Festival durian Sinapeul diharapkan jadi magnet wisatawan

Sabtu, 9 Desember 2017 - 15:37 WIB

IMG-1292

Pengunjung memadati Festival Durian Sindangwangi 2017 di Pasar Ikan Lengkong Kulon, Sindang Wangi, Majalengka, Sabtu (9/12). KiniNews/Trias Agustian.

Majalengka , kini.co.id – Festival durian Sindangwangi 2017 yang digelar di Pasar Ikan Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (9/12) resmi dibuka.

Dengan menyuguhkan durian varietas jenis durian unggul perwira ini diharapkan menjadi magnet para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menjajal destinasi wisata yang ada di Majalengka.

Camat Sindangwangi Ono Haryono, mengatakan dengan adanya festival durian ini diharapkan dapat lebih menggairahkan destinasi pariwisata, khususnya di Kecamatan Sindangwangi.

“Destinasi wisata di Kecamatan Sindangwangi sangat beragam dan siapa pun bakal terpesona untuk menikmatinya,” kata Ono saat dihubungi Sabtu (9/12).

Menurut Ono, selain menghadiri Festival Duren, pengunjung juga bisa menjajal sejumalh objek wisata yang ada di Sindangwangi, seperti Talaga Herang di Desa Jeruk Leueut, Talaga Pancar di Desa Lengkong Kulon, Situ Cikuda dan Talaga Biru di Desa Padaherang, serta Curug Cipeuteuy di Desa Bantaragung.

“Selain destinasi wisata tersebut, pengunjung juga bisa melihat langsung kerajinan tangan dari rotan yang tersebar di Desa Lengkong Wetan, Desa Leuwilaja, dan Desa Ujung Berung,” ujarnya.

Ono yakin ke depan Sindangwangi bisa jadi magnet para wisatawan domestik maupun mancanegara dengan sejumlah destinasi menarik yang ada.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik rencana penyelenggaraan Festival Durian Sinapeul 2017.

Menurutnya festival ini dikatakannya akan memperkaya Kabupaten Majalengka, dan Jawa Barat pada umumnya sebagai destinasi yang komplit.

Seperti diketahui, Jawa Barat selama ini dikenal dengan ragam potensinya di sektor budaya. Jawa Barat juga menarik dengan keindahan alamnya.

“Jawa Barat juga dikenal dengan agro wisata, khususnya durian,” ujar Menpar Arief Yahya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan acara ini diharapkan popularitas durian Sinampeul bakal makin dikenal. Ia mengatakan, kuliner bisa menjadi salah satu bentuk diplomasi budaya dan juga pariwisata ke dunia luar.

Ia mencontohkan bagaimana durian montong asal Thailand yang begitu dikenal. Banyak wisatawan pun yang kemudian memburunya.

“Setiap daerah harus dapat mengangkat potensi lokal yang dimiliki. Melalui festival ini, Kabupaten Majalengka telah memperkenalkan lagi salah satu potensinya,” ujar Arief.

Menurut rencana Arief akan berkunjung sekaligus membuka festival durian Sinapeul, Ahad (10/12) besok.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Indonesia Ku - Selasa, 4 Desember 2018 - 16:21 WIB

Terungkap, Ini Fungsi Sebenarnya Bola Batu yang Ada di Pinggir Jalan Kota Bandung

Jika jalan-jalan ke Kota Bandung terutama di Jalan Asia Afrika, Anda akan menemui bola-bola batu besar di pinggir jalan.Selain menambah ...
Indonesia Ku - Sabtu, 17 November 2018 - 20:37 WIB

Rakor Geopark Indonesia digelar di dalam goa

RAPAT Koordinasi pengelola Geopark di Indonesia, diselenggarakan di dalam Goa Rancang Kencana, di Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Dalam pertemuan ...
Indonesia Ku - Kamis, 15 November 2018 - 15:18 WIB

Bandara Soekarno-Hatta masuk daftar megahub terbaik di dunia

OAG merilis laporan soal OAG Megahubs International Index 2018. Dalam laporannya itu, 50 megahubs internasional di seluruh dunia diurutkan dari ...
Jelajah - Rabu, 14 November 2018 - 16:02 WIB

Siapkan akomodasi sebelum menjalani ‘long weekend’ dan ‘Harpitnas’

APAKAH anda telah memiliki rencana untuk pelesiran ke berbagai daerah di Indonesia, atau bahkan ke luar negeri pada tahun depan? ...
Mancanegara - Sabtu, 3 November 2018 - 10:16 WIB

90 Ribu Orang Jepang Bersemangat Pindah ke Korut, Ternyata Kini Mereka Merasa di Neraka

Kehidupan di negara lain mungkin hampir selalu terlihat manis di mata kita. Bagaimana warga negara lain bisa hidup dengan rumah ...
Mancanegara - Kamis, 25 Oktober 2018 - 09:27 WIB

Berbagi Istri Hingga Mandi Darah, Ini Tradisi-tradisi Aneh di Dunia

Setiap keyakinan dan budaya memiliki tradisi aneh atau ritual. Namun tampaknya keyakinan tersebut hanya bisa diterima oleh mereka yang benar-benar ...