Rabu, 24 Januari 2018 | 10.10 WIB
KiniNEWS>Travel>Destinasi>Dongkrak sektor pariwisata, Pemkab Majalengka terus berbenah

Dongkrak sektor pariwisata, Pemkab Majalengka terus berbenah

Selasa, 19 Desember 2017 - 11:01 WIB

IMG-1302

Kawasan Terasering Teja Mulya, Cibunut, Argapura, Majalengka. FOTO: MOTO/Eda Suwardaya Sind.

Majalengka , kini.co.id – Dengan kondisi geografis yang sebagian besar pegunungan, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat diyakini mampu meningkatkan sektor kepariwisataan yang akan mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dua tahun terakhir sektor pariwisata juga mampu jadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan jumlah kenaikan yang cukup besar. Pada tahun 2016 sekitar Rp160 juta, sedangkan tahun 2017 sekitar Rp250 juta.

“Kami optimis jumlahnya akan terus meningkat”, ungkap Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Majalengka Mumuh Muhidin kepada kini.co.id, Senin (18/12).

Saat ini kata Mumuh, tengah fokus melakukan pengembangan pariwisata di 4 titik destinasi yakni Argapura, Sindangwangi, Talaga dan Majalengka.

Untuk pengembangan lebih lanjut daerah lainnya pemerintah sudah melakukan kajian-kajian pengembangan destinasi wisata yang suitable agar lokasi wisata nyaman dan aman bagi pengunjung.

“Untuk wisata Argapura kami sudah melakukan kajian dengan pihak Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, Desa-desa yang memang memiliki potensi wisata alam, pengelola pariwisata, dan dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, TNGC, Perhutani, PPSDA, BMCK, BPBD dan pihak-pihak lainnya” tuturnya.

Mumuh mengatakan Majalengka memiliki potensi wisata yang luar biasa, dan Desa-desa pun sekarang banyak yang gencar untuk mengembangkan wisata, terlebih dengan adanya Dana Desa yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat, namun prinsip penyelenggaraan kepariwisataan harus tetap dijaga.

“Kami harapkan prinsip penyelenggaraan kepariwisataan tetap dijaga, jangan sampai terjadi musibah, tetap menjaga kearifan lokal, menjaga kelestarian alam, dan juga pemberdayaan masyarakat,” tambahnya.

Lanjutnya, dalam mendukung pengembangan sektor kepariwisataan, Pemerintah bersama legislatif sedang menyusun draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait regulasi pariwisata, regulasi tersebut menyangkut Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten dan Penyelenggaraan Pariwisata.

“Rencana Induk Pembangunan pariwisata Kabupaten ini kajian dengan BAPPEDA dan Legislatif, kemudian dengan regulasi penyelenggaraan pariwisata diharapkan kejelasan bagaimana peran pemerintah, peran masyarakat, peran pengelola pariwisata dan peran wisatawan” lanjutnya.

Mumuh menuturkan di tahun 2018 Pemerintah Majalengka akan memberikan Bantuan Teknis (Bantek), Bantek tersebut dapat menjadi stimulus agar pengembangan parisiwata di Kabupaten Majalengka dapat lebih meningkat, dan akan membuat event-event kepariwisataan.

“Agar pariwisata Majalengka dapat menjadi primadona, kami harap adanya peran serta dari semua pihak, peran serta media pun sangat kami harapkan untuk mempublikasikan atau mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di Majalengka” pungkasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?
Indonesia Ku - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:50 WIB

Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?

Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan salahsatu objek wisata anadalan Indonesia yang menarik kunjungan wisatawan mancanegara.Kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun ...
Lima tips atasi kantong  bolong saat musim liburan
Destinasi - Selasa, 26 Desember 2017 - 12:43 WIB

Lima tips atasi kantong bolong saat musim liburan

Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata. Ada baiknya Anda melakukan segala persiapan agar liburan Anda berjalan dengan lancar. ...
Peluang industri pariwisata di 2018 masih cukup bagus
Destinasi - Selasa, 12 Desember 2017 - 20:23 WIB

Peluang industri pariwisata di 2018 masih cukup bagus

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani mengatakan sejumlah tantangan dan peluang industri pariwisata menjelang tahun 2018 berkembang ...
Targetkan kunjungan wisman, Kemenpar luncurkan program ViWi 2018
Destinasi - Selasa, 12 Desember 2017 - 20:06 WIB

Targetkan kunjungan wisman, Kemenpar luncurkan program ViWi 2018

Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2018 sebanyak 17 juta. Untuk memenuhi target tersebut Kemenpar bersama ...
Apresiasi kepada media, Kemenpar berikan penghargaan APWI 2017
Indonesia Ku - Selasa, 12 Desember 2017 - 01:23 WIB

Apresiasi kepada media, Kemenpar berikan penghargaan APWI 2017

Kementerian Pariwisata memberikan penghargaan kepada insan media yang telah bekerja sama menyebarkan informasi pariwisata dalam acara Anugerah Pewarta Wisata Indonesia ...
Bali rumah kedua wisman Australia
Destinasi - Senin, 11 Desember 2017 - 10:20 WIB

Bali rumah kedua wisman Australia

Pulau Dewata, Bali masih menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia bahkan banyak di antara mereka yang sudah menganggap ...