Rabu, 24 Januari 2018 | 10.08 WIB
KiniNEWS>Travel>Destinasi>Lima tips atasi kantong bolong saat musim liburan

Lima tips atasi kantong bolong saat musim liburan

Selasa, 26 Desember 2017 - 12:43 WIB

IMG-1304

Pantai Bali. FOTO : Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata. Ada baiknya Anda melakukan segala persiapan agar liburan Anda berjalan dengan lancar. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah anggaran.

Persiapan anggaran liburan dapat dilakukan dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan dan bonus yang mungkin diterima menjelang akhir tahun. Dan pada saat hari liburan akan datang, Anda menghitung dan mengalokasikan anggaran dengan detail.

Memperkiraan anggaran liburan sejak dini merupakan hal yang sangat krusial agar Anda tidak sampai terpaksa meminjam uang kepada bank demi pergi liburan.

Selain itu, membuat perkiraan anggaran liburan sejak dini membuat Anda lebih fleksibel untuk mencari cara menghemat anggaran liburan yang telah Anda buat.

Berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat anggaran saat musim liburan, dikutip HaloMoney.

Jarak tujuan wisata tidak terlalu jauh

Menjelang akhir tahun merupakan hari-hari yang mahal untuk pergi berlibur. Anda bisa coba untuk memilih pergi berlibur jauh hari sebelumnya, misalnya di awal Desember.

Sedangkan liburan akhir tahun dihabiskan di daerah lokal atau daerah terjangkau dari tempat tinggal Anda. Harga tiket transportasi, akomodasi, maupun objek wisata cenderung lebih murah di luar tanggal merah atau tanggal liburan panjang.

Transportasi alternatif

Gunakan transportasi alternatif selain pesawat untuk menghemat biaya perjalanan. Misalnya Anda dari Jakarta ingin berlibur ke Bali.

Kalau ingin menghemat tiket pesawat, Anda bisa mencoba jalur alternatif dengan menggunakan kereta dan feri untuk menuju Bali.

Jika Anda orang yang menikmati perjalanan, cara ini cukup ampuh untuk memberikan suasana baru saat berlibur, tentu sekaligus untuk menghemat biaya.

Beli paket liburan

Menjelang bulan-bulan musim liburan, banyak agen perjalanan dan biro travel yang menawarkan paket khusus liburan. Anda bisa menghemat uang dan waktu dalam merencanakan perjalanan saat menggunakan jasa mereka.

Anda juga bisa menanyakan potongan harga untuk perjalanan rombongan. Biasanya potongan biaya selalu tersedia untuk perjalanan rombongan.

Menggunakan tiket terusan

Banyak objek-objek wisata yang saling bekerjasama untuk menawarkan tiket terusan. Tiket terusan umumnya mencakup dua atau lebih ijin masuk objek wisata. Harganya juga jauh lebih murah dibandingkan jika Anda membeli tiket masuk sendiri-sendiri. Anda bisa coba mencari harga tiket terusan di situs agen travel lokal.

Manfaatkan promo musim liburan

Promo travel selain agen perjalanan, banyak pula hotel atau maskapai penerbangan yang menawarkan promo berlibur. Biasanya Anda bisa mendapatkan promosi jika bertransaksi dengan kartu kredit tertentu.

Pastikan juga anda memiliki kartu kredit yang tepat untuk memanfaatkan berbagai promo tersebut. Bijaklah dalam mempersiapkan budget liburan agar kondisi keuangan Anda tetap stabil dalam jangka panjang.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?
Indonesia Ku - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:50 WIB

Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?

Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan salahsatu objek wisata anadalan Indonesia yang menarik kunjungan wisatawan mancanegara.Kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun ...
Dongkrak sektor pariwisata, Pemkab Majalengka terus berbenah
Destinasi - Selasa, 19 Desember 2017 - 11:01 WIB

Dongkrak sektor pariwisata, Pemkab Majalengka terus berbenah

Dengan kondisi geografis yang sebagian besar pegunungan, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat diyakini mampu meningkatkan sektor kepariwisataan yang akan mendatangkan wisatawan ...
Peluang industri pariwisata di 2018 masih cukup bagus
Destinasi - Selasa, 12 Desember 2017 - 20:23 WIB

Peluang industri pariwisata di 2018 masih cukup bagus

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani mengatakan sejumlah tantangan dan peluang industri pariwisata menjelang tahun 2018 berkembang ...
Targetkan kunjungan wisman, Kemenpar luncurkan program ViWi 2018
Destinasi - Selasa, 12 Desember 2017 - 20:06 WIB

Targetkan kunjungan wisman, Kemenpar luncurkan program ViWi 2018

Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2018 sebanyak 17 juta. Untuk memenuhi target tersebut Kemenpar bersama ...
Apresiasi kepada media, Kemenpar berikan penghargaan APWI 2017
Indonesia Ku - Selasa, 12 Desember 2017 - 01:23 WIB

Apresiasi kepada media, Kemenpar berikan penghargaan APWI 2017

Kementerian Pariwisata memberikan penghargaan kepada insan media yang telah bekerja sama menyebarkan informasi pariwisata dalam acara Anugerah Pewarta Wisata Indonesia ...
Bali rumah kedua wisman Australia
Destinasi - Senin, 11 Desember 2017 - 10:20 WIB

Bali rumah kedua wisman Australia

Pulau Dewata, Bali masih menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia bahkan banyak di antara mereka yang sudah menganggap ...