Selasa, 20 Februari 2018 | 22.12 WIB
KiniNEWS>Travel>Destinasi>Kempar pacu maskapai tingkatkan kunjungan wisman

Kempar pacu maskapai tingkatkan kunjungan wisman

Reporter : Ary Syahputra | Selasa, 6 Februari 2018 - 23:05 WIB

IMG-1309

Menteri Pariwisata , Arief Yahya (kanan) bersama CEO Sriwijaya Grup, Chandra Lie. FOTO: Humas Kemenpar

Tangerang, kini.co.id – Kementrian Pariwisata (Kempar) memacu industri pariwisata salah satunya dengan menggenjot jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia dengan pesawat.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang melakukan roadshow ke sejumlah maskapai yakni Lion Air Grup, Sriwijaya Grup, AirAsia Indonesia dan Garuda Indonesia dalam untuk mendorong memenuhi slot 25 juta kursi untuk penerbangan internasional.

Arif Yahya bilang arus masuk wisatawan mancanegara didominasi melalui udara. Total kebutuhan tahun ini ada 25 juta kursi. Dari jumlah itu masih kurang 1,1 juta kursi.

Rencananya, penambahan terbesar 600.000 kursi untuk Bali dan Jakarta 400.000 kursi. Lalu sisanya melalui bandara lainnya.

Untuk itu, kami meminta Lions Air Group untuk ikut membantu menyediakan kursi baru,” ungkap Arief dalam keterangan pers.

Maskapai bisa mengoptimalkan pasar utama. Mengacu data Kemenpar, ada lima pasar yang bisa diekplorasi lagi oleh maskapai. Ada pasar Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, juga India.

Selain pasar potensial, maskapai harus jeli dan terbuka melihat momen saat low season. Mengusung konsep sharing economy, low season bisa disikapi dengan discount.

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengatakan, sejatinya ada enam rute baru yang sedang di proses Lion Air dengan Tiongkok sebagai tujuannya. Poros Tiongkok di antaranya akan terhubung dengan Lombok dan Batam. Selain itu, rute Bali dan Jakarta ke Korea Selatan juga telah siap.

“Garuda tetap mendukung upaya Kemenpar. Kami juga sudah memiliki kalkulasi terkait potensi untuk pengembangan pasar. Penambahan available seat 20% untuk rute internasional realistis. Dengan sinergi bersama Kemenpar ini, kami optimistis bisa mencapai target,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury.

Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air Group Agus Soedjono mengatakan komitmennya secara penuh untuk membantu pemerintah dalam mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara yang berada di angka 17 juta untuk tahun 2018.

Sementara Angkasa Pura II telah siap dengan penambahan 790.000 kursi baru di tahun ini di 14 bandara kelolaannya. AP II akan fokus mengembangkan dan mengimplementasikan program Airport Digital Journey Experience.

Program itu akan mengoptimalkan penggunaan digital infrastruktur, untuk meningkatkan pelayanan penumpang dan pengguna jasa di 14 bandara.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Angkat kearifan lokal, ‘Horas Samosir Fiesta 2018′ siap digelar
Destinasi - Jumat, 16 Februari 2018 - 20:44 WIB

Angkat kearifan lokal, ‘Horas Samosir Fiesta 2018′ siap digelar

Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 resmi diluncurkan, di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/2) malam. ...
BOP Borobudur didorong kembangkan pariwisata nomaden untuk pertemuan IMF
Destinasi - Sabtu, 10 Februari 2018 - 05:30 WIB

BOP Borobudur didorong kembangkan pariwisata nomaden untuk pertemuan IMF

Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur segera mengembangkan konsep pariwisata nomaden "nomadic tourism" sebagai percepatan dalam ...
Jogja Air Show akan meriahkan langit Parangtritis dan Depok
Destinasi - Kamis, 25 Januari 2018 - 14:34 WIB

Jogja Air Show akan meriahkan langit Parangtritis dan Depok

Bagi anda yang mau liburan dan belum tau mau kemana pada Februari nanti, yuk berkunjung ke Jogja Air Show (JAS) ...
Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?
Indonesia Ku - Sabtu, 20 Januari 2018 - 09:50 WIB

Pengunjung Taman Komodo Dibatasi, Kenapa?

Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan salahsatu objek wisata anadalan Indonesia yang menarik kunjungan wisatawan mancanegara.Kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun ...
Lima tips atasi kantong  bolong saat musim liburan
Destinasi - Selasa, 26 Desember 2017 - 12:43 WIB

Lima tips atasi kantong bolong saat musim liburan

Musim liburan akhir tahun sudah di depan mata. Ada baiknya Anda melakukan segala persiapan agar liburan Anda berjalan dengan lancar. ...
Dongkrak sektor pariwisata, Pemkab Majalengka terus berbenah
Destinasi - Selasa, 19 Desember 2017 - 11:01 WIB

Dongkrak sektor pariwisata, Pemkab Majalengka terus berbenah

Dengan kondisi geografis yang sebagian besar pegunungan, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat diyakini mampu meningkatkan sektor kepariwisataan yang akan mendatangkan wisatawan ...