Kamis, 19 September 2019 | 17.37 WIB
KiniNEWS>Travel>Mancanegara>Berbagi Istri Hingga Mandi Darah, Ini Tradisi-tradisi Aneh di Dunia

Berbagi Istri Hingga Mandi Darah, Ini Tradisi-tradisi Aneh di Dunia

Kamis, 25 Oktober 2018 - 09:27 WIB

IMG-1334

kini.co.id – Setiap keyakinan dan budaya memiliki tradisi aneh atau ritual. Namun tampaknya keyakinan tersebut hanya bisa diterima oleh mereka yang benar-benar percaya terhadap mitos di balikt radisi nenek moyang.

Beberapa negara di dunia masih banyak yang menjalankan upacara tradisional untuk menandai tonggak kehidupan, kelahiran, pernikahan, transisi menuju masa dewasa, dan kematian.

Tak jaranga pelaksanaan ritual dilakukan dengan cara yang aneh, yang mungkin justru tak masuk akal. Berikut Lagingetop.com merangkumnya.

1. Festival Famadhina

Ritual aneh ini dilakukan masyarakat Malagys di Madagaskar. Festival ini sendiri bermakna “menghidupkan tulang belulang”.

Ritual yang hanya dilakukan tiap 2-7 tahun ini ditandai dengan menggali kuburan orang mati yang ia cintai dan kemudian mereka dipikul dan mengajak mayat-mayat terebu untuk menari bersama.

Diiringi dengan musik-musik yang keras di area kuburan, mereka akan menggoncangkan tubuh mayat tersebut sampai riual aneh ini berakhir.

Saat ritual berakhir, mayat-maat ini akan dikembalikan ke makam bersamaan dengan hadiah uang dan alkohol serta mayat ditempatkan terbalik untuk mnutup siklus hidup dan mati.

2. Ritual Matis

Ritual ini dilakukan oleh Suku matis, dimana ritual ini dibagi menjadi 4 tahap yang sangat menyakitkan. Tahap pertama, para pemuda akan diteteskan racun pada matanya. Lalu tahap kedua an ketiga, ritual ini melibatkan siksaan fisik dimana tubuh para pemuda akan dicambuk dan dipukuli secara berulang-ulang.

Kemudian pada tahp terakhir, para pemuda akan disuntik dengan racun Kampo yang diekstrak dari katak monyet yang dapat menyebabkan respon psikolosi yang ekstrim. Suku matis percaya ritual ini akan membuat mereka menjadi pria sejati dan pemburu yang mahir.

3. Festival Thaipusam

Festival ini dianggap sebagai simbol untuk menaklukan kejahatan setan. Festival ini dirayakan oleh orang-orang Tamil pada bulan purnama pertama dalam bulan Thai (Januari/Februari) dalam kalender Tamil.

Perayaan ini diadakan di negara-negara dengan komunitas Tamil yang besar seperti India, Sri Lanka, Malaysia, Mauritius, Singapura, Afrika Selatan dan berbagai negara lain dengan komunitas diaspora Tamil.

Bagi mereka yang akan mengikuti festival ini diharuskan berpuasa terlebih dahulu selama 48 hari dan hanya dibolekan makan satu kali dalam sehari dengan makanannya harus murni yang disediakan dari ritual aneh ini.

Setelah selesai barulah mereka akan melakukan pencukuran rambut di kepala, menindik di berbagai tubuh dan melukai tubuh mereka sendiri.

4. Berbagi Istri di Himalaya

Tradisi satu ini dikenal dengan nama tradisi faternal, dimana saudara kandung pria akan dengan senang hati berbagi Istri dengan saudara-saudaranya.

Menurut cerita, tradisi ini dilakukan karena tidak punya lahan yang luas untuk bertani dan berternak. Sehingga sebuah keluarga yang punya banyak anak laki-laki akan kesulitan berbagi tempat.

5. Ritual Ashura Kaum Syiah

Ritual yang satu ini tak kalah menakutkan. Ritual ini dilakukan satu tahun sekali oleh kaum Syiah untuk mengenang kematian Imam Husein yang gugur dalam pertempuran pada tahun 680 setelah Masehi.

Dalam ritual ini, orang-orang Syiah akan melukai tubuh mereka sendiri dengan rantai besi atau belati hingga bermandikan darah.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Destinasi - Selasa, 29 Januari 2019 - 18:31 WIB

Ekonomi Batam lesu, ritel beken menutup gerai

BATAM kini tidak lagi menjanjikan bagi sebagian ritel berjaringan tingkat nasional. Akibatnya, sejumlah ritel beken memilih menghentikan operasinya.Penutupan ritel nasional ...
Tak Berkategori - Senin, 21 Januari 2019 - 12:40 WIB

Pemerintah persilahkan KPPU selidiki dugaan kartel pada tiket pesawat

MAHALNYA harga tiket pesawat menjadi keluhan pengguna angkutan udara sejak pertengahan 2018, sehingga banyak kalangan menduga terjadi kartel dalam penjualan ...
Mancanegara - Selasa, 15 Januari 2019 - 23:10 WIB

Ada kota di Cina yang tak boleh sembarangan dikunjungi

KOTA Taian di Provinsi Shandong jadi tempat penting bagi masyarakat China. Di zaman dulu, tak sembarang orang bisa datang!Tai Mountain ...
Jelajah - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:27 WIB

Garuda Indonesia tampilkan musik akustik di pesawat

MASKAPAI nasional Garuda Indonesia kembali menghadirkan terobosan baru dalam memberikan pengalaman penerbangan yang berbeda kepada pengguna jasa melalui hadirnya hiburan ...
Indonesia Ku - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:17 WIB

Indonesia negara paling aman ke-9 di dunia

INDONESIA ditetapkan sebagai salah satu negara paling aman di dunia atau berada di urutan kesembilan menurut laporan Gallup’s Law and ...
Jelajah - Rabu, 2 Januari 2019 - 23:40 WIB

Satpol PP Batam harus bertanggungjawab atas praktik pungli di Jembatan Barelang

KOMUNITAS pecinta wisata Barelang mengeluh pungutan liar (Pungli) di Jembatan Balerang yang kian lama kian meresahkan pengunjung. Mereka meminta Satuan ...