Minggu, 26 Mei 2019 | 16.29 WIB
KiniNEWS>Travel>Jelajah>Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 3 Tempat Wisata di Bogor yang Recomended

Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 3 Tempat Wisata di Bogor yang Recomended

Reporter : Restu Fadillah | Jumat, 21 Desember 2018 - 14:47 WIB

IMG-1363

Seorang gadis sedang naik wahana sepeda terbang di Puncak Mustika Manik. (KiniNews/Restu Fadillah)

Bogor, kini.co.id – Libur Natal dan Tahun Baru segera tiba. Libur panjang ini, bisa menjadi momen seru untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman berekreasi misalnya.

Bogor, Jawa Barat bisa menjadi pilihan kaliam untuk berekreasi. Pasalnya selain cukup dekat dengan Jakarta, Bogor seperti tidak pernah kehabisan tempat wisata. Mulai dari wisata alam, hingga kulinernya, Bogor selalu memikat para pengunjung.

Tak cuma kawasan Puncak saja yang ditawarkan, kini kota Hujan juga memiliki deretan tempat wisata di Bogor yang menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan.

Apa saja tempat wisata di Bogor yang bisa Anda kunjungi saat liburan nanti? Berikut dereta tempat wisata di Bogor seperti yang dirangkum Kini.co.id:

1. Kawah Ratu Gunung Salak

Kawasan Gunung memang tidak pernah ada matinya. Dari lereng hingga puncaknya, memiliki pesona yang tidak akan pernah habis untuk dieksplore. Setiap titiknya mempunyai keunikan dan keindahan yang selalu meninggalkan sebuah kenangan manis. Bahkan, keinginan untuk kembali menikmati hal yang sama pun terus berbisik di telinga.

Seperti halnya, di Malang dengan Gunung Semeru yang mempunyai Danau Ranu Kumbolo, atau Gunung Rinjani yang berada di kawasan Lombok dengan pesona Danau Segara Anak yang namanya sudah terdengar di hampir seluruh penjuru dunia. Begitu pula di Bogor yang mempunyai Gunung Salak dengan Kawah ratu yang pesonanya tidak kalah dengan kawasan ini.

Kawah Ratu Gunung salak ini menjadi salah satu wisata andalan di Bogor. Di sana, kalian bisa menikmati wisata pemandangan alam sekaligus menikmati sensasi berpetualang.

Yang menjadi daya tarik utama dari kawasan ini terletak di aliran sungai Cikuwulung yang melintas kurang lebih 1 km. Inilah yang membedakan antara Kawah Ratu dengan kawah yang lainnya dan bisa dibilang menjadi keunikan dari kawah ratu. Bila, kaliam lihat dari kejauhan, aliran sungai ini berwarna biru tosca.

Kawah Ratu sendiri merupakan kawah aktif dan masuk dalam kawasan wisata Gunung Salak. Untuk mencapai lokasi ini memang tidak mudah, perlu perjalanan sekira 5 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Terutama saat musim hujan, perjalanan ke Kawah Ratu memerlukan tenaga ekstra. Tapi, sajian alam Kawah Ratu akan membayar rasa lelah saat sampai di tujuan.

Kawah Ratu berada di lereng Gunung Salak. Secara geografis, Kawah Ratu terletak di Desa Pasir Reungit, Kecamatan Pamijah, Kabupaten Bogor. Suasana khas pegunungan dengan pepohonan dan udara segar memberi keindahan tersendiri. Kawah Ratu masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Endah, dan berada di ketinggian sekira 900 di atas permukaan laut.

2. Curug Ngumpet

Topografinya yang sebagian besar berupa pegunungan, tak heran jika banyak ditemukan air terjun alias curug di Bogor. Dari sederet curug yang ada di Bogor, pastikan untuk tidak melewatkan Curug Ngumpet.

Sama seperti Kawah Ratu, curug ngumpet ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Endah, di Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Dibandingkan beberapa air terjun lain di kawasan Gunung Salak Endah, nama Curug Ngumpet mungkin masih kalah pamor. Namun, suasana yang ada di sana boleh diadu.

Keunggulan air terjun ini bukanlah pada deras atau tinggi curahan air. Melainkan kondisi airnya yang terlihat begitu jernih. Keberadaan kolam alami yang ada dibawahnya menjadikan air terjun ini terlihat semakin menggoda.

Tinggi Curug Ngumpet sendiri termasuk sedang. Sekitar 40 meter. Tapi, sekali lagi. Keunggulan curug ini bukan pada deras serta tingginya curahan air melainkan jernihnya air yang dimiliki

Meski namanya adalah Curug Ngumpet namun lokasinya cukup mudah diakses. Dari lokasi parkir kita hanya perlu berjalan kaki selama sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi air terjun dengan melewati jalanan setapak yang tertata rapi. Jalannya juga bukan tanah liat sehingga akan membuat kita lebih nyaman.

Di sekitar lokasi air terjun juga sudah ada saung-saung yang bisa digunakan para pengunjung untuk duduk santai sambil menikmati suasana yang ada. Selain dikenal dengan nama Curug Ngumpet, beberapa orang juga menyebut tempat ini dengan Curug Kondang.

3. Puncak Mustika Manik

Tempat yang lagi hits di kalangan anak muda, karena obyek pemandangan yang keren abis. Suasana sejuk, sekaligus pemandangan indah membuat tempat ini diburu banyak orang.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri, di sana juga ada spot-spot untuk berfoto yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Spot-spotnya itu di antaranya, karpet terbang, balon terbang, sepeda jalan di tali, rumah pohon, saung layang, ayunan dan masih banyak lagi.

Wisata ini masih terletak dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Endah, di Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Destinasi - Selasa, 29 Januari 2019 - 18:31 WIB

Ekonomi Batam lesu, ritel beken menutup gerai

BATAM kini tidak lagi menjanjikan bagi sebagian ritel berjaringan tingkat nasional. Akibatnya, sejumlah ritel beken memilih menghentikan operasinya.Penutupan ritel nasional ...
Tak Berkategori - Senin, 21 Januari 2019 - 12:40 WIB

Pemerintah persilahkan KPPU selidiki dugaan kartel pada tiket pesawat

MAHALNYA harga tiket pesawat menjadi keluhan pengguna angkutan udara sejak pertengahan 2018, sehingga banyak kalangan menduga terjadi kartel dalam penjualan ...
Mancanegara - Selasa, 15 Januari 2019 - 23:10 WIB

Ada kota di Cina yang tak boleh sembarangan dikunjungi

KOTA Taian di Provinsi Shandong jadi tempat penting bagi masyarakat China. Di zaman dulu, tak sembarang orang bisa datang!Tai Mountain ...
Jelajah - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:27 WIB

Garuda Indonesia tampilkan musik akustik di pesawat

MASKAPAI nasional Garuda Indonesia kembali menghadirkan terobosan baru dalam memberikan pengalaman penerbangan yang berbeda kepada pengguna jasa melalui hadirnya hiburan ...
Indonesia Ku - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:17 WIB

Indonesia negara paling aman ke-9 di dunia

INDONESIA ditetapkan sebagai salah satu negara paling aman di dunia atau berada di urutan kesembilan menurut laporan Gallup’s Law and ...
Jelajah - Rabu, 2 Januari 2019 - 23:40 WIB

Satpol PP Batam harus bertanggungjawab atas praktik pungli di Jembatan Barelang

KOMUNITAS pecinta wisata Barelang mengeluh pungutan liar (Pungli) di Jembatan Balerang yang kian lama kian meresahkan pengunjung. Mereka meminta Satuan ...