Kamis, 21 Februari 2019 | 19.03 WIB
KiniNEWS>Travel>Mancanegara>Ada kota di Cina yang tak boleh sembarangan dikunjungi

Ada kota di Cina yang tak boleh sembarangan dikunjungi

Selasa, 15 Januari 2019 - 23:10 WIB

IMG-1378

Kota Taian, Shandong, Cina.

JAKARTA, kini.co.id – KOTA Taian di Provinsi Shandong jadi tempat penting bagi masyarakat China. Di zaman dulu, tak sembarang orang bisa datang!

Tai Mountain dan Dai Temple menjadi dua tempat sakral bagi masyarakat China di Kota Taian. detikTravel bersama Dwidaya Tour mendapat kesempatan untuk menjelajahi kota ini.

Dari Dai Temple, ada kisah menarik yang bisa ditemukan. Rupanya kota ini dulunya sangat populer karena Tai Mountain.

Alkisah, ada seorang kaisar yang berbudi luhur datang ke Kota Taian. Kaisar ini dikenal sangat baik dan berbakti kepada masyarakat.

Kemudian, raja ini meminta izin kepada masyarakat untuk naik ke Tai Mountain. Karena baktinya, masyarakat mengizinkan kaisar tersebut untuk naik dan berdoa ke Tai Mountain.

“Pada zaman dulu, hanya raja yang bisa naik ke Tai Mountain atau datang ke kota ini. Tapi tak semua raja bisa datang dan naik ke gunung suci,” ujar Dennis, pemandu dari China International Travel Service.

Tai Mountain dipercaya jadi gerbang surga bagi masyarakat China. Kaisar yang berdoa di sini akan mendapat berkat dari dari dewa langit.

Kaisar yang ingin datang ke kota ini dan berdoa di Tai Mountan harus terlebih dahulu mendapat ijin dari masyarakat setempat. Boleh atau tidaknya dilihat dari bakti kaisar kepada masyarakat.

“Jika kaisar tersebut dinilai tidak baik maka ia akan dilarang untuk datang dan berdoa di gunung. Walaupun satu orang yang melarang maka kaisar tersebut dilarang untuk menginjakkan kai di Kota Taian,” cerita Dennis.

Masyarakat percaya bahwa kaisar yang tidak baik akan membawa bencana bagai kerajaan. Sehingga tak semua kaisar bisa datang dan berdoa di Tai Mountain.

Setelah diperbolehkan untuk naik ke Tai Mountain, kaisar ini melakukan upacara di Dai Temple terlebih dahulu.

Upacara di Dai Temple menjadi suatu keharusan yang sakral. Dari sini, para masyarakat dan pengawal akan mengarak kaisar menuju Tai Mountain.

Kaisar tersebut pun naik ke Tai Mountain. Saat tiba di atas gunung, kaisar tersebut berdoa dan diberkati. Ia diangkat menjadi God of Tai Mountain oleh dewa langit.

Dalam perjalanan turun, seluruh masyarakat menyambut kaisar tersebut. Kaisar tersebut pun dibuatkan patung yang ditempatkan di dalam Dai Temple.

Sejak saat itu, kaisar tersebut dikenal sebagai God of Tai Mountain. Sehingga Kota Taian terkenal dengan 3 dewa, yaitu dewa langit, dewa bumi dan dewa gunung.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Destinasi - Selasa, 29 Januari 2019 - 18:31 WIB

Ekonomi Batam lesu, ritel beken menutup gerai

BATAM kini tidak lagi menjanjikan bagi sebagian ritel berjaringan tingkat nasional. Akibatnya, sejumlah ritel beken memilih menghentikan operasinya.Penutupan ritel nasional ...
Tak Berkategori - Senin, 21 Januari 2019 - 12:40 WIB

Pemerintah persilahkan KPPU selidiki dugaan kartel pada tiket pesawat

MAHALNYA harga tiket pesawat menjadi keluhan pengguna angkutan udara sejak pertengahan 2018, sehingga banyak kalangan menduga terjadi kartel dalam penjualan ...
Jelajah - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:27 WIB

Garuda Indonesia tampilkan musik akustik di pesawat

MASKAPAI nasional Garuda Indonesia kembali menghadirkan terobosan baru dalam memberikan pengalaman penerbangan yang berbeda kepada pengguna jasa melalui hadirnya hiburan ...
Indonesia Ku - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:17 WIB

Indonesia negara paling aman ke-9 di dunia

INDONESIA ditetapkan sebagai salah satu negara paling aman di dunia atau berada di urutan kesembilan menurut laporan Gallup’s Law and ...
Jelajah - Rabu, 2 Januari 2019 - 23:40 WIB

Satpol PP Batam harus bertanggungjawab atas praktik pungli di Jembatan Barelang

KOMUNITAS pecinta wisata Barelang mengeluh pungutan liar (Pungli) di Jembatan Balerang yang kian lama kian meresahkan pengunjung. Mereka meminta Satuan ...
Jelajah - Jumat, 21 Desember 2018 - 14:47 WIB

Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 3 Tempat Wisata di Bogor yang Recomended

Libur Natal dan Tahun Baru segera tiba. Libur panjang ini, bisa menjadi momen seru untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman ...