Senin, 9 Desember 2019 | 07.49 WIB
KiniNEWS>Travel>Tak Berkategori>Pemerintah persilahkan KPPU selidiki dugaan kartel pada tiket pesawat

Pemerintah persilahkan KPPU selidiki dugaan kartel pada tiket pesawat

Senin, 21 Januari 2019 - 12:40 WIB

IMG-1381

Boarding pesawat di bandara.

JAKARTA, kini.co.id – MAHALNYA harga tiket pesawat menjadi keluhan pengguna angkutan udara sejak pertengahan 2018, sehingga banyak kalangan menduga terjadi kartel dalam penjualan tiket pesawat. Karena itu, pemerintah via Menteri Perhubungan, mempersilahkan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menyelediki dugaan tersebut.

Sebelumnya Budi Karya Sumadi membantah dugaan persekongkolan atau kartel antar maskapai untuk menaikkan harga tiket pesawat terbang. Dia mengamati tidak ada kesepakatan antar satu maskapai dengan maskapai untuk membuat harga tiket menjadi mahal.

“Kalau menurut saya tidak (terjadi kartel),” kata Budi Karya Sumadi, di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Senin (21/1).

Meski demikian, dia mempersilakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk menyelidiki apakah terjadi kartel atau tidak. Jika ditemukan adanya indikasi penyimpangan dalam penjualan tiket pesawat, Budi mempersilahkan KPPU bertindak.

”Saya pikir KPPU silahkan saja masuk (menyelidiki dugaan katel), sebab KPPU berwenang untuk itu. Jadi silakan selidiki,” katanya.

Dari sisi regulasi, menurut Budi, dia menjamin tidak ada regulasi yang memicu tingginya harga tiket pesawat. Tetapi jika memang ada, katanya, regulasi dari Kemenhub yang membuat harga tiket pesawat menjadi mahal, maka Budi siap merevisi regulasi tersebut. Namun dirinya juga meminta masukan dari maskapai terkait hal ini.

”Mungkin saja ada regulasi (yang membuat tiket pesawat mahal), kami siap melakukan deregulasi apabila regulasi kita membuat mereka sulit. Nanti kita lihat apa yang menjadi masukan,” tandas dia.

Sebelumnya, anggota Ombudsman RI Alvin Lie menyebutkan kenaikan tarif pesawat yang dilakukan oleh maskapai nasional tidak melanggar aturan. Harga yang ditetapkan masih seusai dengan regulasi tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) yang tertuang dalam PM No 14 Tahun 2016.

“Kami mencermati tidak ada satu airline yang melanggar TBA atau TBB,” kata Alvin.

Dia menambahkan, banyak komplain dari masyarakat khususnya di sosial media mengenai tarif pesawat yang selama ini membanting harga dan bermain dengan tarif mendekati TBB. Hal itu membuat masyarakat yang biasanya menikmati tarif rendah menjadi kaget padahal sebetulnya tarif tersebut masih berada di bawah TBA, artinya masih wajar dan tidak melanggar aturan.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Travel Terkini Lainnya
Destinasi - Selasa, 29 Januari 2019 - 18:31 WIB

Ekonomi Batam lesu, ritel beken menutup gerai

BATAM kini tidak lagi menjanjikan bagi sebagian ritel berjaringan tingkat nasional. Akibatnya, sejumlah ritel beken memilih menghentikan operasinya.Penutupan ritel nasional ...
Mancanegara - Selasa, 15 Januari 2019 - 23:10 WIB

Ada kota di Cina yang tak boleh sembarangan dikunjungi

KOTA Taian di Provinsi Shandong jadi tempat penting bagi masyarakat China. Di zaman dulu, tak sembarang orang bisa datang!Tai Mountain ...
Jelajah - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:27 WIB

Garuda Indonesia tampilkan musik akustik di pesawat

MASKAPAI nasional Garuda Indonesia kembali menghadirkan terobosan baru dalam memberikan pengalaman penerbangan yang berbeda kepada pengguna jasa melalui hadirnya hiburan ...
Indonesia Ku - Kamis, 10 Januari 2019 - 22:17 WIB

Indonesia negara paling aman ke-9 di dunia

INDONESIA ditetapkan sebagai salah satu negara paling aman di dunia atau berada di urutan kesembilan menurut laporan Gallup’s Law and ...
Jelajah - Rabu, 2 Januari 2019 - 23:40 WIB

Satpol PP Batam harus bertanggungjawab atas praktik pungli di Jembatan Barelang

KOMUNITAS pecinta wisata Barelang mengeluh pungutan liar (Pungli) di Jembatan Balerang yang kian lama kian meresahkan pengunjung. Mereka meminta Satuan ...
Jelajah - Jumat, 21 Desember 2018 - 14:47 WIB

Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 3 Tempat Wisata di Bogor yang Recomended

Libur Natal dan Tahun Baru segera tiba. Libur panjang ini, bisa menjadi momen seru untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman ...